Komputer juga
berperan dalam dunia pendidikan. Di masa ini murid dan guru tidak harus selalu
bertatap muka untuk menciptakan proses belajar mengajar. Seperti contohnya
dalam kegiatan belajar mengajar di Universitas Gunadarma. Biasanya pada satu
semester ada beberapa mata kuliah yang pertemuan tatap muka dengan dosen di
kelas hanya berlangsung selama 11 minggu, sedangkan sisa waktu 3 minggu yang
lain berlangsung secara virtual dan mahasiswa dapat belajar sendiri dengan
mandiri, atau biasa dikenal dengan sebutan v-class. Tetapi
interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi antara
manusia dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan
belajar mandiri yang masih rendah.
Dalam bidang lain pun
komputer memberikan peranan yang besar, seperti dalam kegiatan bisnis yang
dilakukan secara online yang disebut dengan e-commerce, Dengan melakukan transaksi jual beli secara online berarti
pembeli tidak harus datang ke sebuah toko untuk membeli barang yang diinginkan,
dan harga barang yang dijual dapat dikatakan lebih murah karena penjual tidak
mengeluarkan uang untuk biaya sewa toko. Namun dengan maraknya kasus penipuan
bermotif jual beli online, calon pembeli harus
selalu berhati-hati dalam menentukan situs belanja online yang akan
dipilih.
DAFTAR PUSTAKA
Blissmer, Robert.H. 1984. Computer
Annual. New York J.Wiley
Publising.http://www.worldcat.org/title/computer-annual/oclc/10324979. Diakses 11 Juni
2016.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar